Beranda > Education, Hardware, Info IT, Programing, Seputar IT, Teknologi > Apa Itu Microsoft Silverlight?

Apa Itu Microsoft Silverlight?


Microsoft tampaknya berusaha yang terbaik untuk mendapatkan kembali cengkeraman mereka di dunia komputer. Dengan lebih banyak orang beralih ke desain ramping produk Apple dan ‘dingin’ browser internet seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome, medan perang telah bergeser ke dunia maya. Dan penambahan Microsoft terbaru untuk persenjataan mereka yang terus berkembang, teknologi Silverlight, mungkin hanya melakukan trik.

Yang menimbulkan pertanyaan, apa sebenarnya teknologi Silverlight? Nah, satu hal yang pasti, itu lebih dari hanya sebuah nama indah.

Silverlight adalah web browser plug-diprogram in yang memungkinkan media untuk dimainkan melalui Internet. Plug-in ini memberikan pengguna kemampuan untuk mendengar audio, video dan animasi tampilan yang berlimpah dalam aplikasi Internet kaya. Pada dasarnya, ini adalah pesaing untuk Flash Player Adobe dan meskipun mereka sama, mereka tidak persis sama.

Tech spesifikasi

Dikembangkan di bawah nama kode Windows Presentation Foundation / Everywhere (WPF / E), memungkinkan integrasi audio, video dan interaktivitas dalam lingkungan runtime tunggal, dengan cara yang sama Presentation Foundation Windows tidak. Bekerja sama dengan XAML, mereka isi sebuah aplikasi Silverlight dapat diindeks dan dicari oleh mesin pencari.

Konten-bijaksana, mendukung array biasa WMV, WMA dan format MP3 tanpa memerlukan Windows Media Player, Active X kontrol atau bahkan Windows Media Player plug-in. Hal ini membuat sebuah pusat one-stop untuk multimedia Internet dan menghilangkan kebutuhan untuk men-download berbagai plug-in untuk aplikasi yang sama.

Silverlight adalah kompatibel dengan Windows Vista Home dan Professional Edition serta dengan Windows Mobile 6. Pengguna Mac juga dapat men-download plug-in ini karena dapat digunakan pada Mac OS.

Untuk rata-rata pengguna

Spesifikasi mungkin masuk akal untuk web developer, tapi bagaimana dengan pria rata-rata di jalan? Pengguna internet normal tidak akan peduli apakah situs yang mereka kunjungi adalah dibuat dari Flash atau Silverlight. Bagaimana ini akan mempengaruhi mereka?

Nah, untuk satu hal, Silverlight dapat membuat aplikasi mereka jauh lebih dicari. Seperti dikatakan sebelumnya, Silverlight konten ditampilkan pada layar melalui teks berbasis bahasa markup yang disebut XAML. Meskipun ini mungkin tidak berarti banyak bagi rata-rata pengguna, itu tidak ke mesin pencari besar seperti Google atau Yahoo. Tidak seperti situs Flash, yang mesin pencari tidak dapat menyelam ke dalam, Silverlight konten akan tersedia sebagai hasil pencarian seperti teks lain pada halaman web.

Juga, untuk pengguna yang memilih untuk kurang digunakan platform dan browser seperti Firefox dan Google Chrome, plug-in ini akan menimbulkan perasaan cinta kepada mereka, karena aplikasi Internet yang paling berjalan pada platform populer. Dan meskipun Microsoft biasanya tidak menginjak perairan Mac dan sistem operasi lain, pengembang web yang paling memberikan ulasan awal yang positif untuk Silverlight dan ini membuka banyak kemungkinan.

Dan kemungkinan ini sudah jelas dalam produk Microsoft. Match.com telah membuat sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk chatting satu sama lain di Internet tanpa menggunakan messenger pihak ketiga. Video situs seperti Netflix dan CBS.com telah meluncurkan pemutar video baru mereka yang memiliki fitur komunitas tambahan. Sebagai contoh, sinkronisasi dua video oleh dua pengguna yang berbeda yang memberikan mereka rasa menonton film bersama di Netflix.

Silverlight teknologi sudah tersedia untuk di-download pada platform pilih. Dan meskipun masih baru, menjanjikan untuk menjadi bagian penting dari aplikasi Internet di masa depan.

source : ilmuti

About these ads
  1. EzcpiE
    6 April 2012 pukul 11:53 am

    Terimakasih infonya ..
    Infonya membantu n Blognya menarik ..

    • 6 April 2012 pukul 12:01 pm

      iya, sma-sama..

      trima ksih, smoga brmnfaat.. :)

  2. 12 Januari 2013 pukul 8:42 pm

    Nuansa google translatenya kental banget gan..

  3. rahmat
    13 Maret 2013 pukul 10:36 am

    slmt pgi gan, sya nmpg nnya, download lgu, yg brptar ktika bka stus ini dmna ya,,
    lgu nya enk di dngr

    • 7 Januari 2014 pukul 1:25 pm

      Iya silahkan saja didownload, kalo agan menggunakan IDM langsung bisa di download koq :)

  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: