Beranda > Education, Info IT, Security & Hacking, Seputar IT > Tanda-Tanda Laptop Atau PC Anda Terkena Virus Trojan

Tanda-Tanda Laptop Atau PC Anda Terkena Virus Trojan


Tanda Komputer Terserang Virus Trojan, Tanda-tanda Komputer terserang Virus Trojan dapat diketahui dengan melihat perilaku tampilan komputer atau hasil deteksi antivirus maupun Trojan scanner. Tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Saat mengunjungi suatu situs, terdapat beberapa pop-up muncul dan telah mengunjungi salah satu pop-up. Namun, ketika akan mengakhiri kunjungan (tidak sepenuhnya dikunjungi), tiba-tiba browser mengarahkan dan membuka secara otomatis beberapa halaman tidak dikenal.
  2. Tampilan kotak pesan yang tak dikenal tampak di layar monitor. Pesan berisi beberapa pertanyaan bersifat pribadi.
  3. Tampilan Windows mengalami perubahan dengan sendirinya. Misalnya, teks screensaver yang baru, tanggal/waktu, perubahan volume bunyi dengan sendirinya, pointer mouse bergerak sendirinya, CD-ROM drive membuka dan menutup sendiri.
  4. Outlock Express menggunakan waktu yang cukup lama saat menutup (close) atau terlihat hang (menggantung) ketika melihat previewnya.
  5. Adanya file yang rusak atau hilang.
  6. Program yang tidak diketahui aktif terlihat di task list.
  7. Tanda atau informasi dari firewall tentang outbound komunikasi dari sumber yang tidak diketahui.

Sebagian tanda-tanda diatas biasanya dilakukan oleh penyerang tingkat pemula dengan ciri memberikan tanda atau pesan di layar monitor. Hal ini berbeda dengan penyerang tingkat lanjut. Ia akan berusaha untuk menutupi dirinya dan menghilangkan jejaknya saat melakukan penyusupan.
Penyerang tingkat lanjut melakukan penyadapan dan menggunakan komputer yang terinfeksi untuk beberapa alasan yang spesifik, serta tidak menggunakan cara-cara seperti penyerang tingkat pemula. Sehingga aktivitasnya diam-diam dan tidak mencurigakan.

source : magazineforum.blogspot

About these ads
  1. 21 Maret 2012 pukul 12:00 pm

    ooooo……….

  2. putra lampung
    9 Mei 2012 pukul 9:16 am

    trimakasih ya infonya,oya kalo di laptop sendiri ada ga cara mengetahui tingkat kemaanan dri laptop kita tempatnya di sofwere apa atao program apa?maaf masih gaptek ni

    • putra lampung
      9 Mei 2012 pukul 9:21 am

      oya kalau bisa kirim di email saya nyomanboncu@rocketmail.com trus kalau IDM kita ga aktif lagi untuk mendownload gmana caranya mengakfikanya,?saya udah coba buka2 diinternet tapi masih membingunakan karena menggunakan kan isitilah yang tidak sya mengerti maksaih banyak sebelumnya

  3. 25 Juni 2012 pukul 1:03 pm

    kk mw tanya…gmn klw laptop sya lodingnya lama ktika sya bru mw mnghidupkn,, apakah ciri2x sdah kna virus trojan?? apkah hrus di install ulang lgi kk??

    • 25 Juni 2012 pukul 10:22 pm

      Coba di lihat dulu sisa hardisk laptop masih byk ga?
      Lihat jg bagaimana spek laptop anda..

      1 langkah mudah lebih install aplikasi yang seperlunya. :)

  4. 26 Juni 2012 pukul 4:27 pm

    masta. browser epera saya aktif sendiri dan membukan site site tertentu.(setelah laptop dihidupkan) kecepatan download laptop saya pun berkurang. hanya 5-7kbps. padahal disamping ane kecepatan dunludnya nyampek 100-200kbps(WLan) ? apakah termasuk trojan gan ?

  5. 24 November 2012 pukul 3:24 pm

    Menurut pengalaman saya ketika loading komputer lambat itu karena kita telah menginstall program yang berat atau ram klo gk hardisk anda telah rusak…..sekian dari saya terimakasih

    By : Mahathir Muhammad

    • 19 Februari 2013 pukul 12:29 am

      Semua tergantung kondisi komputer itu sendiri sob :)

  6. ariep
    6 Desember 2012 pukul 12:37 pm

    laptop ga bisa dinyalakan ..selalu tampil “safe mode” , safe mode prompting .. yang terakhir start automatically .. itu kenapa ya ??? thx

  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: