Beranda > Semester 2, Statistik Deskriptif > Pengantar Statistik Deskriptif

Pengantar Statistik Deskriptif


Kata statistik berasal dari bahasa Latin status, yang berarti keadaan politik. Pada awalnya kata statistika digunakan untuk merujuk kepada data tentang keadaan politik; data sensus, data militer, dan data fiscal. Sensus penduduk dan kekayaan telah dilakukan oleh Raja Fir’aun di Mesir dan orang-orang Yahudi Kuno. Menurut sejarawan Yunani Herodatus, pada tahun 1400 Sebelum Masehi (SM). Raja Rameses II melakukan sensus di seluruh tanah mesir untuk menetapkan daerah kekuasaannya. Kita juga dapat menemukan laporan yang sama untuk Cina Kuno, Yunani, dan Roma. Makna statistika menjadi makin luas. Makna statistika yang lebih mutakhir dimaksudkan sebagai cara ilmiah untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, menyajikan, dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan sahih dan mengambil keputusan layak berdasarkan analisis yang dilakukan.

Berdasarkan fungsinya, statistika digolongkan ke dalam dua bidang yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial (induktif). Dalam hal ini, fokus utamanya pada statistik deskriptif Statistik deskriptif adalah menyajikan informasi dalam bentuk yang tepat. Statistika deskriptif juga berkenaan dengan bagaimana data dapat digambarkan dan dideskripsikan atau disimpulkan baik secara numerik (misal menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik) untuk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut sehingga lebih mudah dibaca dan bermakna.

Langkah-langkah dalam Statistik Deskriptif :

  1. Memahami masalah dan jawaban yang diperlukan.
  2. Mengumpulkan data yang sesuai dengan masalah dan tujuan.
  3. Menata data mentah ke dalam distribusi frekuensi.
  4. Menyajikan data distribusi secara grafik.
  5. Menarik kesimpulan mengenai permasalahan.

Presentasi Grafik Distribusi frekuensi

1. Histogram
Histogram adalah grafik batang (bar graph) yang menggambarkan distribusi data dari sebuah distribusi frekuensi. Batang-batang bar memiliki karakteristik :

  • Dasarnya pada sumbu-x (horizontal) lebarnya sama dengan lebar interval kelas
  • Luasnya proporsional terhadap frekuensi interval kelas yang bersangkutan

2. Poligon Frekuensi
Poligon frekuensi adalah suatu grafik garis dari frekuensi-frekuensi interval kelas yang diplot pada nilai tengah-nilai tengahnya. Poligon didapat dengan menghubungkan titik tengah dari sisi atas batang-batang histogram.Rata-rata (average), terbagi atas 4 bagian yaitu, :

  1. Mean Arithmetik (Arithmetic mean)
  2. Mean Arithmetik Terbobot (Weighted Arithmetic mean)
  3. Mean Harmonik
  4. Mean kuadratik (Root mean Square)

Median
Median ialah nilai tengah dari gugusan data yang telah diurutkan dari data terkecil sampai data terbesar atau sebaliknya. Median dibagi menjadi dua perhitungan yaitu median data tunggal dan median data kelompok

Modus
Modus dari sekumpulan nilai data adalah nilai yang paling sering muncul atau yang frekuensinya terbesar. Dalam suatu kumpulan nilai data, modus ini mungkin ada mungkin juga tidak, dan kalaupun ada tidak selalu unik (tunggal).

Kuantil : Kuartil, Desil dan Persentil
Kuantil adalah nilai-nilai yang membagi suatu jajaran data (data array) menajdai bagian-bagian yang sama. Seabagai contoh, kuantil yang membagi jajaran data menjadi dua bagian adalah median. Kuantil yang membagi jajaran data menjadi empat bagian disebut kuartil, menjadi 10 bagian disebut desil dan 100 bagian disebut persentil

Ukuran Penyebaran

1. Jangkauan/Kisaran (range)
Jangkaun menyatakan perbedaan dari nilai terbesar dan terkecil dari suatu jajaran data

R = Data tertinggi- Data terendah

2. Simpangan Mutlak Rata-rata (Mean deviation)
Simpangan mutlak rata-rata merupakan ukuran penyebaran yang meninjau besarnya penyimpangan setiap nilai data terhdap nilai rata-rata (mean) nya

3. Simpangan baku/ Deviasi Standard
Varians
Varians merupakan kuadrat dari deviasi standard, sehingga

untuk sampel dinyatakan sebagai

Sx2

Untuk Populasi dinyatakan sebagai:

σx2

Bahan Bacaan:
Tiro, M.A. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher Makassar

source : http://www.penalaran-unm.org

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: