Beranda > Seputar IT, Tips, Tutorial > Cara Membuat Pemutar Musik di WordPress

Cara Membuat Pemutar Musik di WordPress


Selamat datang gan di blog saya yang sederhana ini.. oke mungkin langsung aja kali ya kita mulai tutorialnya. Pada kesempatan kali ini admin mau share sedikit nih gan tentang cara membuat pemutar musik atau biasa juga di sebut mp3 player di blog/wordpress anda.. Caranya mudah koq disini kita cukup memakai jasa MixPod.

clickyudhaqirana.wordpress.com

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
1. Kita langsung aja ya gan menuju ke MixPod.com. Untuk memulainya syaratnya cuma 1 gan kita harus daftar dulu sebagai member, hal ini wajib gan karena tanpa daftar kita ga akan bisa memulai tutorial ini (caranya mudah koq cuma masukan email aja terus konfirmasi deh).
clickyudhaqirana.wordpress.com

clickyudhaqirana.wordpress.com
2. Setelah berhasil mendaftar, kita akan langsung di hadapkan dengan menu utama gan, gambarnya seperti yang tertera di nomor 3 :

3. Nah sekarang petualangan sudah siap di mulai nih gan (gajebo) hhee…
kita langsung aja ke menu My Playlist – New Playlist.

clickyudhaqirana.wordpress.com
4. Setelah itu kita akan di hadapkan dengan berbagai pilihan tema/design playlist kita..
sebagai contoh saya memakai tema/design MiniPod, setelah itu kita klik Create A Playlist seperti gambar di bawah ini.

clickyudhaqirana.wordpress.com
5. Setelah selesai memilih tampilan kita diharuskan untuk mengisi playlist dengan lagu-lagu sesuai keinginan kita, kita bisa menggunakan fitur search untuk pencarian. Setelah menemukan lagu yang di cari maka langkah selanjutnya adalah klik tombol + . Hal ini berfungsi untuk menambahkan lagu ke daftar.
Selain itu di halaman ini anda juga bisa mengatur warna dan sistem pemutar sesuai dengan keinginan anda seperti yang tertera pada gambar berikut (cek sendiri) :

clickyudhaqirana.wordpress.com
6. Setelah anda memasukan lagu ke playlist langkah selanjutnya menyimpan hasil anda tersebut dengan mengklik tab “Save Playlist” yang ada di pilihan paling kiri.
Pada halaman ini isilah sesuai keinginan anda dan pilih genre sesuai aliran musik anda.
Setelah itu jangan lupa klik tombol “SAVE (get code)

clickyudhaqirana.wordpress.com
7. Setelah “Save” maka halaman akan menampilan beberapa pilihan “share” untuk anda, karena pada kesempatan ini saya membahas tentang WordPress maka kita pilih Other Sites – Pilih More – dan cari Logo WordPress seperti yang tertera di gambar berikut ini :

clickyudhaqirana.wordpress.com
8. Nah.. Disini kita harus mengisi username dan password wordpress kita, tenang aja koq privacynya di jamin aman.. Hal ini dilakukan untuk mengirim kode tersebut ke WordPress anda..
Gambarnya seperti berikut (kode ini akan secara otomatis memposting di wordpress anda) :

clickyudhaqirana.wordpress.com
*Untuk mendapatkan kodenya kita tinggal lihat postingan paling baru pada blog anda (postingan paling atas), kemudian klik pada opsi Edit/Sunting pada pada postingan tersebut (jangan lupa nama postingannya adalah “no title/tanpa  judul“), setelah itu kodenya akan muncul seperti gambar di bawah ini..
clickyudhaqirana.wordpress.com

9. Setelah mendapatkan kodenya kita langsung saya mengcopy-nya dan masuk ke Dashboard – Tampilan – Widget – Pilih Text dan Drag – Setelah itu Copy Kode tadi dan Save..
Finish..

Silahkan cek di blog anda.. Apabila anda mengikuti secara benar pasti hasilnya akan berhasil..
Mungkin hanya ini yang bisa saya berikan, maaf apabila anda penjelasan yang kurang jelas.. apabila ada yang ingin anda tanyakan silahkan tinggalkan komentar anda.
Semoga bermanfaat dan salam persahabatan.

Tinggalkan komentar apabila ada penjelasan saya yang kurang jelas..
Terima kasih.

About these ads
Kategori:Seputar IT, Tips, Tutorial
  1. 16 November 2012 pukul 1:47 pm

    Mau tanya nih, kan di step nomor 7 as other sites, tapi kok pas saya buka gak ada yaa?rep please:)

    • 18 November 2012 pukul 12:39 am

      Untuk saat ini hal itu sudah tidak bisa lagi, mungkin sudah tersedia dari pihak mixpod. :D
      Mungkin sebagai salah satu penggantinya anda bisa menggunakan videokeman.. Tapi pemutar musik tersebut hanya memuat 1 lagu saja, berbeda dengan mixpod yg didalamnya memuat daftar lagu. :D

  2. 17 November 2012 pukul 5:09 pm

    ada cara lain selain mixpod gk ? ._.

    • 18 November 2012 pukul 12:37 am

      Ada koq, mungkin salah satu penggantinya bisa menggunakan videokeman.. Tapi pemutar musik tersebut hanya memuat 1 lagu saja, berbeda dengan mixpod yg didalamnya memuat daftar lagu. :D

Comment pages
1 3 4 5
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: