Beranda > Hardware, Info IT, Seputar IT, Tips > Cara Mengatasi Panas Berlebih atau Overheat Pada PC Atau Laptop

Cara Mengatasi Panas Berlebih atau Overheat Pada PC Atau Laptop


Panas berlebih atau overheat pada PC atau pada laptop akan sangat menggangu aktifitas pekerjaan, karena panas berlebih itu akan membuat PC atau laptop kita menjadi mudah hang, sedikit informasi yang bermanfaat bagaimana mengasi panas berlebih pada PC atau laptop.

Penyebab terjadi overheat adalah pada sistem pendinginan yang bermasalah, permasalahan pendinginan meliputi fan heatsink atau kisi-kisi pendingin yang bermasalah, berikut rincian yang dapat kita lakukan jika mengalami overheat pada PC atau pada laptop kita.

Overheat pada PC dan laptop banyak terjadi karena karena sistem pendingin kotor, dikarenakan debu ataupun karena benda-benda yang masuk tersedot kedalam sistem pendinginan.

Pada PC seringkali bermasalah pada fan pendingin dan heatsink, karena kotor fan mengalami penurunan putaran yang menyebabkan tidak optimalnya putaran fan pendingin dan heatsink kotor akan menghambat sirkulasi udara dari fan ke heatsink. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan pembersihan pada fan dan heatsink dan jika perlu diganti sebaiknya ganti fan agar tidak merusak processor.
Pada laptop seringkali permasalahan terjadi pada kisi-kisi pendinginan hal ini banyak dikarenakan banyak benda-benda aneh yang terkadang masuk kedalam sistem pendingin, debu, serabut karpet, kecoak bahkan tidak jarang saya jumpai cecak yang menjadi tulang belulang pun dapat masuk. Untuk mengatasinya sebaiknya lakukan pembongkaran pada laptop agar tidak merusak bagian-bagian lain seperti processor atau chip vga, yang rentan rusak ketika terjadi overheat.Selain cara diatas kita juga dapat menambahan pendingin tambahan dibawah laptop kita, meskipun bukan solusi tapi cara ini yang paling praktis dan banyak dilakukan, semoga informasi diatas banyak membantu mengurangi overheat yang terjadi pada PC dan laptop.
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: