Beranda > Hardware, Info IT, Security & Hacking, Seputar IT, Sistem Operasi, Software, Tips > Mendeteksi Virus Huhuhaha pada Windows Vista

Mendeteksi Virus Huhuhaha pada Windows Vista


Beberapa waktu yang lalu banyak orang yang mengatakan bahwa windows vista adalah Sistem operasi yang paling aman dai serangan virus. Karena Windows Vista ini di lengkapi dengan UAC (User Account Control) Windows Vista yang digunakan untuk mencegah program yang tidak diinginkan berjalan otomatis tanpa persetujuang oleh sipengguna komputer. Tapi kenyataannya hanya waktulah yang menjawab semuanya, dan kini Virus Huhuhaha dapat melumpuhkan UAC milik windows vista ini. Virus ini juga dapat menyebar dari dan ke Flash disk yang tertancap di komputer.

Virus huhuhaha ini dibuat dengan menggunakan VBScript dan Norman Security Suite. Virus ini berukuran 6 kb dan menyebar secara otomatis serta dapat membuat file pendamping yaitu file autoran.inf. Jika virus ini berhasil masuk system operasi komputer, maka virus huhuhaha ini membuat beberapa file yaitu : autorun.inf (yang terletak pada semua root drive), huhuhaha.vbs (juga terletak di semua root drive), kemudian C:\Windows\system32\XpWin.vbs. Virus huhuhaha ini juga akan mencopy file-file tersebut pada USB (flash/drive) yang ditancapkan pada komputer yang terkena virus. Hati – hati dengan virus ini karena si pembuat virus menambahkan sript untuk atribut file RHSA (Read, Hidden, System, Archive) agar file dari virus huhuhaha tidak dapat dilihat oleh sipengguna komputer.Tidak ada virus yang tidak mengganggu, virus ini menimbulkan efek yang sangat mengganggu pada pengguna komputer. Virus ini dapat memunculkan text virus pada menu “Run” dan menonaktifkan system restore, menambah header text virus pada internet explorer, dan yang pasti virus ini dapat men disable fungsi UAC windows vista. Jika komputer anda sudah terinfeksi virus huhuhaha ini maka langkah pertama yang harus anda lakukuan adalah menghapus file autorun.inf, huhuhaha.vbs, dan C:\WINDOWS\system32\XpWin.vbs. sebelum menghapus file tersebut alangkah baiknya jika anda memutus jaringan internet pada komputer anda. Sebagai tips, sebaiknya tampilkan file yang tersembunyi agar memudahkan dalam proses pencarian. Dan unutk membersihkan virus huhuhaha secara optimal dan mencegah infeksi ulang, sebaiknya anda menggunakan antivirus yang terupdate.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: