Beranda > Info IT, Internet, Seputar IT, Tips > Menampilkan Iklan Pada Halaman Website

Menampilkan Iklan Pada Halaman Website


Ada banyak cara untuk membuat iklan ditampilkan pada halaman website. Biasanya para bloger menggunakan iklan yang bersifat Pay Per Click ataupun Pay To Click, seperti Google Adsense misalnya, namun bagaimana jika kita ingin menampilkan iklan produk milik kita sendiri? Ada beberapa cara tentunya, yang statis maupun . Di samping banyak cara, logikanya pun banyak tentunya. Penulis akan jelaskan beberapa cara untuk menampilkan iklan pada website yang kita miliki, yaitu sebagai berikut :

  1. Menampilkan iklan secara random
  2. Menampilkan berdasarkan detik waktu
  3. Menampilkan berdasarkan kategori halaman yang dituju

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Pengetahuan dasar fungsi PHP
  2. Menyiapkan beberapa gambar/image berekstensi jpg ataupun png untuk dijadikan sebagai iklannya, di artikel ini penulis telah menyediakan 30 gambar yang akan dijadikan iklan nantinya.

Cukup dengan pengetahuan dasar fungsi PHP, kita sudah dapat mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk membuat suatu script sederhana yang berguna untuk menampilkan iklan yang diinginkan. Fungsi-fungsi dasar yang digunakan dalam artikel kali ini adalah fungsi rand(), dates(),

Penulis membagi cara-cara yang telah penulis sebutkan di atas kedalam beberapa file, yang pertama yaitu file iklan_random.php :

Filter tersebut berisi sebuah fungsi yang berguna untuk menampilkan iklan secara random :

function iklan_random()
{
$no = rand(1,30); // Ini menentukan nomor urutan gambar
?>}

Fungsi rand(1,30) digunakan untuk mendapatkan nilai secara random dari 1 sampai 30. Dengan fungsi ini maka jumlah iklan tidak terbatas.

Yang selanjutnya adalah file iklan_waktu.php, dalam file ini terdapat sebuah fungsi yang dapat menampilkan iklan bedarsarkan detik waktu, file ini berisi :

function iklan_waktu()
{
/* cari nomor urutan gambar berdasar waktu, karena hanya ada 30 gambar maka maksimal detik (60) dibagi 2 aja.. */
$no = date(‘s’)/2;
?>}

Fungsi date(‘s’) di atas digunakan untuk menangkap detik saat ini. Karena maksimal detik adalah 60 maka maksimal jumlah iklan adalah 60. Jika jumlah iklannya adalah 60 gambar maka setiap gambar akan ditampilkan maksimal 1 detik. Sehingga jika ada 30 gambar, setiap gambar akan ditampilkan masing masing 2 detik. Yang terakhir adalah file iklan_kategori.php, dalam file ini terdapat fungsi yang dapat menampilkan iklan berdasarkan kategori halaman.

function iklan_kategori()
{
// Tentukan kategori apabila belum dipilih
if(isset($_GET[‘k’])){$k=$_GET[‘k’];}else{$k=4;}
?>
}

Pada setiap halaman diletakkan sebuah variable ’k’, variable ini dihasilkan oleh url, yang kemudian diambil menggunakan variable global $_GET[’k’], untuk selanjutnya di cocokkan dengan urutan gambar yang ada. Sehingga jika variable k bernilai 1 maka yang ditampilkan adalah ads1.jpg, begitu untuk seterusnya dan seterusnya…

  1. 28 Oktober 2012 pukul 2:37 pm

    berbelit-belit gan… langsung aja, script jadinya, dan cara memasangnya. Mengingat tidak semua orang yang ahli webmaster. Atau hanya bisa memasangnya saja apabila sudah ada script jadinya… makasih gan…

  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: