Beranda > Agama, Semester 1 > Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Tokoh

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Tokoh


Lesson : Pendidikan Agama Islam
PENGERTIAN  PENDIDIKAN KARAKTER
Dosen : Muhammad Natsir

Pengertian karakter menurut Hasanah 2009 :
– Hasanah merumuskan beberapa bentuk karakter yang harus ada dalam setiap individu bangsa Indonesia diantaranya ; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya , tanggung jawab , disiplin dan mandiri , jujur, karakter yang harus ada dalam setiap individu bangsa Indonesia diantaranya ; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya , tanggung jawab , disiplin dan mandiri , jujur , hormat dan santun , kasih sayang , peduli , dan kerja sama , percaya diri , kreatif , kerja keras dan pantang menyerah , keadilan dan kepemimpinan , baik dan rendah hati , toleransi , cinta damai dan persatuan .

Pengantar Karakter Menurut  Megawangi (2010) Ada 2 yaitu :
– Istilah ini lebih fokus pada tindakan atau tingkah laku . Mengutip Mengutip dari Wynne bahwa ada dua pengertian tentang karakter .
Pertama , ia menunjukkan bagaimana seseorang bertingkah laku Apabila seseorang berperilaku tidak jujur , kejam , atau rakus , tentulah orang tersebut memanifestasikan perilaku buruk . Sebaliknya , apabila seseorang berperilaku jujur , suka menolong , tentulah orang tersebut memanifestasikan karakter mulia,

Kedua , istilah karakter erat kaitannya dengan ‘personality’ . Seseorang  baru bisa disebut ‘ orang yang berkarakter ’ (a person of character) apabila tingkah lakunya sesuai kaidah moral.”

– Pengantar Karakter Menurut Yudi Latifr (2009) :
pendidikan karakter adalah suatu payung istilah yang menjelaskan berbagai aspek pengajaran dan pembelajaran bagi perkembangan personal.

Beberapa di bawah payung meliputi “ penalaran moral/ pengembangan kognitif ; pembelajaran sosial dan emosional , pendidikan kebijakan moral, pendidikan keterampilan hidup , pendidikan kesehatan , pencegahan kekerasan , resolusi konflik dan filsafat etik moral.

Azyumardi Azra(2002) memberikan pengertian bahwa“ pendidikan ” adalah merupakansuatu proses di mana suatu bangsamempersiapkan generasi mudanyauntuk menjalankan kehidupan danuntuk memenuhi tujuan hidup secaraefektif dan efisien

Iklan
Kategori:Agama, Semester 1
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: