Beranda > Education, Hardware, Info IT, Security & Hacking, Seputar IT > Seperti Apa Virus Menyerang

Seperti Apa Virus Menyerang


Virus, worm, dan Trojan horse adalah program yang dapat disimpan pada komputer secara tersembunyi, misalnya, dengan membuat penyamaran pada bagian dari suatu pemasangan email atau file yang didownload. Virus komputer adalah program yang ditulis, biasanya dengan bahasa tingkat rendah seperti assembly yang mempunyai kemampuan untuk menyebarkan dirinya dari satu program ke program lainnya. Kebanyakan virus mampu menggadakan dirinya sendiri. Suatu virus yang sederhana dapat membuat salinan dirinya sendiri secara berulang-ulang dan relatif mudah untuk menghasilkannya. Bahkan virus yang sederhana seperti itu adalah berbahaya sebab akan dengan cepat menggunakan semua memori yang tersedia dan membuat sistem berhenti (hang). Yang lebih bahaya lagi virus yang mampu menyebarkan dirinya sendiri antar jaringan dan melewati sistem keamanan.

Webopedia mendefinisikan worm dengan mengatakan: “Sebagian orang membedakan antara cacing (worm) dan virus umum. Suatu worm adalah jenis virus khusus yang dapat menggadakan dirinya sendiri dan menggunakan memori, tetapi tidak bisa menyertakan dirinya ke program yang lain.” Webopedia mendefinisikan suatu Trojan horse sebagai: ”Suatu program yang bersifat merusak yang menyamar sebagai aplikasi yang tidak berbahaya, tidak sama dengan virus lainnya, Trojan horse tidak menggadakan dirinya, tetapi virus ini dapat merusak. Salah satu dari jenis yang paling membahayakan Trojan horse adalah suatu program yang mengakui untuk membersihkan virus komputer tetapi sebagai gantinya dia memasukkan virus ke komputer Anda.” Anda dapat mempertahankan diri Anda dengan melawan virus, worm, dan Trojan horse denga:

> Memperoleh program anti-virus yang baik (misalnya, dari McAfee, Network Associates, atau Symantec).
Menginstalnya dengan cara menjalankannya secara terus menerus pada sistem Anda.
> Mengudaptenya dengan file-file data baru sedikitnya sekali
seminggu (langkah-langkah ini adalah penting).

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: