Beranda > Education, Info IT, Internet, Security & Hacking, Seputar IT, Teknologi, Tips > Trik Menjaga Keamanan Akun Gmail

Trik Menjaga Keamanan Akun Gmail


Trik Menjaga Keamanan Akun Gmail – Dunia internet memang sudah semakin luas, penggunanya pun terus bertambah seiring jalannya waktu. Tentu saja ini merupakan sasaran empuk bagi para hacker. Dan target yang paling umum adalah e-mail. Ternyata tidak hanya e-mail Yahoo! saja yang mudah di hack, e-mail dari Google (Gmail) ternyata juga bisa. Maka dari itu untuk menanggulanginya Google meluncurkan 2-step verification semenjak Februari 2011 yang lalu, namun fitur keamanan ini belum banyak diketahui orang.

Maksud dari 2-step verification adalah, kita membutuhkan 2 tahap untuk log in di akun Gmail. Tahap pertama yaitu seperti biasa kita log in menggunakan e-mail dan password gmail kita. Tahap kedua kita harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke handphone yang sudah di-set. Tentu saja dengan cara ini akun Gmail benar-benar aman.

Berikut trik menjaga keamanan akun Gmail dengan cara mengaktifkan fitur 2-step verification tersebut.

1. Pastikan kalian sudah log in menggunakan akun Gmail kalian, lalu pada halaman utama Google di pojok kanan atas klik setelan akun.

2. Setelah itu klik menu ‘Menggunakan verifikasi 2 langkah’ lalu kalian akan diperintahkan untuk log in kembali.

3. Lalu klik mulai penyiapan dan setelah itu masukkan nomor telepon kalian dan pilih metode pengiriman kode. Kalian juga harus melakukan uji coba untuk mengecek apakah kode bisa benar-benar terkirim ke handphone kalian. Jika sudah, klik ‘berikutnya’.

4. Jika kalian menggunakan PC pribadi, centang pada menu ‘ingat komputer ini selama 30 hari’. Jika tidak hilangkan saja centangnya. Lalu klik ‘berikutnya’.

5. Lalu klik ‘aktifkan verifikasi 2 langkah’.

6. Disini kalian akan diberikan pilihan jika seandainya nomor telepon yang kalian gunakan beramasalah atau tidak bisa digunakan lagi, yaitu nomor telepon cadangan dan kode cadangan. Kalian bisa menambah nomor telepon cadangan dengan memilih ‘tambah nomor telepon’ dan seandainya nomor telepon cadangan kalian juga bermasalah. Kalian bisa menggunakan kode cadangan yang telah diberikan (berjumlah 10 kode). Sebaiknya simpan atau cetak kode-kode tersebut dan simpan di tempat yang mudah diingat.

7. Selamat, kini dengan Trick Menjaga Keamanan Akun Gmail, akun Gmail kalian sudah dilapisi oleh 2 step verification, dan tentu keamanannya tambah terjamin.

NB: Sebaiknya cara ini hanya digunakan di e-mail yang benar-benar penting saja, seperti akun Blogger, Google AdSense, dan lain-lain, karena pasti akan sangat merepotkan jika kita menggunakannya di semua akun.

Baca juga: Membuat Email dengan Nama Domain Googlemail

source : ilmuti

About these ads
  1. asen
    29 November 2012 pukul 8:53 pm | #1

    thnks gan ifnoya , by the way cara ini bayar gak!

  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: