Beranda > Programing, Tips > Password Terburuk

Password Terburuk


Anda pernah mengalami akun email atau bahkan facebook di-hack orang lain? Jika iya, bisa jadi karena Anda menggunakan password menggunakan kata yang mudah ditebak.

Bagi seorang hacker, sangat mudah dalam membobol password menggunakan kata yang umum. Penggunaan password yang mudah tentu tidak disarankan mengingat banyak hacker mengintai di internet. Apalagi, jika password tersebut digunakan melindungi data penting atau berharga.

Ada sebuah kisah lucu mengenai password. Beberapa tahun lalu, sekelompok hacker berhasil membobol sebuah server milik Biro Keamanan Nasional Slovakia atau disingkat NBU yang di dalamnya tersimpan ribuan data penting.

Namun, yang menjadi perbincangan hangat bukan itu saja. Ternyata pembobolan ini berlangsung cepat dan mudah dikarenakan administrator hanya menggunakan kata ‘nbu123′ sebagai password utama. Hal ini dipublikasikan sendiri oleh para hacker setelah berhasil melakukan pembobolan tersebut. Parahnya, beberapa hari setelah kejadian tersebut, ternyata password belum berubah dan masih berupa kata ‘nbu123′.

Beberapa bulan lalu, seorang arsitek dari Microsoft juga mengatakan bahwa masih banyak orang yang menggunakan password yang hanya terdiri dari tiga huruf. Pernyataan ini diungkapkan setelah kejadian pembobolan password besar-besaran terhadap akun Sony PSN.

Beberapa alasan dikemukakan mengapa mereka lebih memilih kata yang umum atau mudah. Di antaranya yang paling banyak adalah karena mereka takut lupa. Jika Anda masuk ke dalam golongan ini, coba gunakan bantuan aplikasi manajemen password. Aplikasi ini banyak bertebaran di internet. Dengannya, Anda hanya cukup mengingat password utama dan selanjutnya biarkan aplikasi ini yang mengatur.

Kasus di atas bisa menjadi contoh bahwa password yang mudah ditebak menjadi incaran yang menyenangkan dan memudahkan bagi para hacker. Baru-baru ini, sebuah pembuat aplikasi manajemen password, SlashData, mengumumkan daftar 25 password terburuk di tahun 2011. Daftar tersebut berdasarkan hasil temuan dari pembobolan para hacker yang telah dipublikasikan secara online.

Memang biasanya setelah para hacker berhasil membobol sebuah server, mereka akan langsung memublikasikan temuannya tersebut untuk tujuan tertentu. Berikut ini beberapa password yang sebaiknya anda hindari :

1. password

2. 123456

3. 12345678

4. qwerty

5. abc123

6. monkey

7. 1234567

8. letmein

9. trustno1

10. dragon

11. baseball

12. 111111

13. iloveyou

14. master

15. sunshine

16. ashley

17. bailey

18. passw0rd

19. shadow

20. 123123

21. 654321

22. superman

23. qazwsx

24. michael

25. football

Nah, apakah salah satu password tersebut juga Anda gunakan? Jika iya, sebaiknya segeralah menggantinya dengan password yang baru sebelum password tersebut disalahgunakan oleh para hacker.

source : ilmuti

Kategori:Programing, Tips
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: