Beranda > Info Menarik > 7 Hal Yang Menyebabkan Kuliah Lama Selesai

7 Hal Yang Menyebabkan Kuliah Lama Selesai


Mau sedikit ngebahas tentang masalah kuliah nih gan, mungkin ada beberapa orang ya merasa kenapa sih kuliah gw ga kelar-kelar? Tapi itu semua tergantung orangnya juga sih (tapi kalo ane mah di bawa santai ajalah, lama-lama juga ga kerasa) hhee.. Nah, disini saya coba ingin usut dikit-demi sedikit nih gan kenapa hal itu bisa terjadi. Dan berikut ini adalah alasan-alasannya :

1. Kuliah karena terpaksa
Melihat anaknya diwisuda adalah kebanggaan bagi setiap orang tua. Dari lubuk hati setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar dan sukses. Bahkan memaksa anaknya untuk kuliahpun bisa saja mereka lakukan.. Berawal dari sebuah keterpaksaan inilah maka ketika sudah menjadi mahasiswa, dia enggan untuk serius dalam kuliah, apalagi pengen cepat-cepat diwisuda.

2. Salah jurusan

Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yang memiliki jurusan-jurusan favorit, menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusan lain (yang tidak diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannya adalah agar mereka tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yang diminati.

3. Terlalu menikmati kebebasan karena jauh dari ortu
Anak Mami kalau kita sering sebut, terkadang juga menjadi faktor kuliah lama. Rendahnya pengawasan dari orang tua (jauh dari ortu) terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan. Kerjanya maen, pacaran, begadang tiap malam, nongkrong sana-sini dan lain-lainnya.

4. Sibuk mengikuti organisasi kemahasiswaan ataupun Ormas
Tingkat Intelegency Emotional (IE) yang lebih besar daripada IQ mendorong mahasiswa untuk lebih senang berorganisasi, bersosialisasi, bertukar pikiran dan melakukan kegiatan-kegiatan atau bergabung dengan Ormas daripada belajar. Kesibukannya itu terkadang menghabiskan uang, tenaga, pikiran dan juga waktu sehingga kuliah terabaikan dan bukan prioritas lagi.

5. Menekuni hobi secara berlebihan
Soft Skill yang dimiliki mahasiswa mendorong untuk menjadi hobi. Hobi kalau dilakukan secara wajar itu baik, tapi kalau berlebihan, pasti mengganggu kegiatan lainnya. Beberapa hobi seorang mahasiswa antara lain: ngegame, ngeband, billiard, Playstation, ngenet, Futsal, dll.

6. Bisa mendapatkan uang sendiri (kerja)

Kerja terkadang dibutuhkan bagi mahasiswa, terutama yang kurang mampu ataupun untuk menambah uang saku. Tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang terlena dengan pekerjaannya itu. Alasannya simple, ujung akhir dari kuliah adalah mendapat gelar sarjana yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mencari kerja sehingga menghasilkan uang. kalau kuliah saja sudah bisa punya uang sendiri, kenapa harus buru-buru lulus? Makanya mereka lebih senang kerja daripada ngurusin kuliahnya.

7. Tidak adanya jaminan kerja setelah lulus
Tidak adanya jaminan inilah yang paling banyak membuat mereka lebih milih lama kuliah daripada lama nganggur.. Prinsipnya : Rezeki itu sudah ada yang ngatur, dan kalau sudah rejeki, gak bakal kemana. Jadi, buat apa cepat-cepat lulus kalau ujung-ujungnya nganggur? Yang sudah sarjana saja banyak yang nganggur kok.

Sumber : http://aamboyz.blogspot.com/2011/05/7-hal-yang-menyebabkan-kuliah-lama.html

Kategori:Info Menarik
  1. 13 April 2012 pukul 9:06 am

    o begitu,,
    oh iya, kalo kuliah itu sebenernya enak ga sih mas ?? susah ato gimana ?

    • 13 April 2012 pukul 9:28 am

      Susah-susah gampang sob..
      saya aja masih smester 2 jadi blum bgitu bisa mnyimpulkan.

      tapi mnurut saya. mungkin klo enak’a kita bz dpt ilmu yg lebih & bz lbih share dgn tman” di kmpus. ga enaknya mungkin pas byk tugas yg numpuk..
      hhee..🙂

      • 13 April 2012 pukul 9:32 am

        wadu wadu,,
        harus nyediain otak eksternal donk yah ??😀

      • 13 April 2012 pukul 9:40 am

        ya bgitulah..
        tntu harus siap dlam mngerjakan tugas..
        *terlebih klo tugas’a susah bgt..😦

      • 13 April 2012 pukul 10:33 am

        ya ampun,,
        jadi takut buat kuliah,,😀

      • 13 April 2012 pukul 10:56 am

        Yaahh.. si agan mnyerah sblum brtempur..
        di bawa santai aja gan (v ttep tgas’a hrus di krjain)
        hheee…

      • 13 April 2012 pukul 10:59 am

        ya ya,,
        ntar kalo uda lulus baru dipikirin lagi ahh,,😀

      • 13 April 2012 pukul 11:04 am

        Fokus dulu ajalah gan sama skul’a yg skrg..
        Lakukan yg trbsik mnurut agan..

      • 13 April 2012 pukul 11:06 am

        itu pasti,,😀
        eh, mas perna buat laporan magan gak ??

      • 13 April 2012 pukul 11:09 am

        Saya pernah magang gan tapi ga di suruh bikin laporan..

        palingan kalo di suruh cuma mncantumkan nama tempat kita magang dan berapa lama periode kita magang di tempat tersebut, serta pekerjaan apa saja yang kita lakukan disana + ilmu/pngalaman yg kita proleh selama magang.
        jangan lupa deh minta tnda tngan dari tmpat kita mgang, klo ada skalian setifikatnya (tergantung tmpat kita magang)🙂

      • 13 April 2012 pukul 11:10 am

        aduuu,,
        ya sudah deh kalo gitu,🙂

      • 13 April 2012 pukul 11:12 am

        Kalo sudah printah dari skolah sbaik di ikuti aja gan..
        contoh di internet byk koq gan..🙂

      • 13 April 2012 pukul 11:14 am

        ia, tapi ngawur2, kagak ngerti😀

      • 13 April 2012 pukul 11:19 am

        Hahha… Solusi’a gmpang gan, Apa gunanya temen agan lw ga mau ngasih contekan???
        *lho koq???
        hheee..🙂

      • 13 April 2012 pukul 11:22 am

        hehe,, bnerrrr jugaaaaaaaa😀

      • 13 April 2012 pukul 11:35 am

        Lanjutkan gann…🙂

  2. Admin
    27 Mei 2012 pukul 9:01 pm

    sepertinya betul gan itu………..

    • 27 Mei 2012 pukul 9:04 pm

      Saya juga merasakannya gan..
      hhee….🙂

      • Admin
        27 Mei 2012 pukul 9:36 pm

        I have too

  3. 23 Februari 2013 pukul 5:58 pm

    siiipp siip siipp,,,
    faktanya ada temen sya kayak gitu😀

    • 28 Februari 2013 pukul 9:37 pm

      Semoga temannya cepat lulus ya🙂

  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: