Beranda > Info Menarik > Makanan Yang Membuat Berhenti Merokok

Makanan Yang Membuat Berhenti Merokok


Makanan Yang Membuat Berhenti Merokok – Merokok adalah salah satu kebiasaan tidak sehat yang sayangnya masih dilakukan banyak orang. Banyak cara untuk menyingkirkan kecanduan nikotin, seperti mengunyah permen karet khusus, mengonsumsi pil atau obat, olahraga, meditasi, aktif dalam beberapa kegiatan, hingga membuat beberapa perubahan substansial dalam gaya hidup.

Namun, tidak banyak orang yang sadar tentang fakta bahwa apa yang kita makan dan minum sebenarnya dapat membantu meningkatkan atau memperburuk rasa rokok.

Menurut para ahli dari Duke University, makanan dan minuman seperti daging dan minuman berkafein membuat merokok lebih berselera. Namun, produk susu dan sayuran segar justru membuat rokok terasa lebih buruk. Sekarang, mari kita lihat lima makanan dan minuman yang dapat membantu kita berhenti merokok.

1. Susu dan produk susu lainnya

Banyak perokok mengatakan, setelah minum segelas susu, merokok tidak membawa rasa dan kepuasan yang diharapkan. Susu membuat rasa rokok menjadi sangat pahit dan tidak menyenangkan. Cara ini dapat membantu mengurangi ketagihan dan membantu menyingkirkan kecanduan nikotin.

2. Jus jeruk
Jika Anda ingin cepat berhenti merokok, cobalah lebih banyak mengonsumsi jus jeruk. Pasalnya, ketika seseorang merokok secara teratur, mereka akan kehilangan banyak vitamin C, dan tubuh mereka akan digunakan untuk bertukar dengan beberapa elemen yang tidak alami dari nikotin. Beberapa buah-buahan seperti jeruk, lemon, kismis hitam, dan buah delima merupakan makanan terbaik bagi mereka yang mencoba untuk menyingkirkan ketergantungan nikotin.

3. Seledri

Seledri, bersama dengan sayuran lain seperti zukini, kacang-kacangan, dan mentimun juga memengaruhi rasa rokok. Bahkan, ilmuwan menilai, banyak mengonsumsi jenis makan tersebut dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Ini juga sekaligus menjawab mengapa mengudap batang seledri dapat membantu mengurangi keinginan ngemil. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak suka seledri karena seledri bisa digantikan dengan wortel.

Namun perlu diingat, makan banyak sayuran manis tidak terlalu baik karena jumlah glukosa yang berlebihan akan mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab terkait kesenangan dan kepuasan. Dengan demikian, glukosa dapat merangsang nafsu.

4. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk semua orang karena memiliki berbagai macam sifat terapeutik. Secara khusus, hal ini membantu untuk menurunkan risiko penyakit paru-paru, termasuk kanker paru-paru. Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang meningkatkan aktivitas gen NRF2 dan melindungi paru dari kerusakan akibat toksin dari nikotin. Sayangnya, studi menemukan bukti bahwa sifat terapeutik pada brokoli tidak bekerja untuk perokok karena nikotin membunuh aktivitas sulforaphane.

5. Anggur merah (red wine)
Segelas anggur merah sehari menurunkan risiko kanker paru-paru baik pada perokok maupun nonperokok. Para peneliti dari South California menemukan, orang yang minum segelas anggur merah setiap hari memiliki kemungkinan 60 persen lebih rendah untuk menderita kanker paru-paru. Anggur merah memiliki flavonoid dan resveratrol, juga sangat berguna untuk jantung dan darah (karena mencegah terjadinya penggumpalan darah).

Namun, Anda juga harus berhati-hati dan jangan mengonsumsi banyak anggur merah karena situasi ini akan menghadapkan Anda pada dua masalah sekaligus, yakni kecanduan nikotin (rokok) dan alkohol.

Sumber : http://blog-apa-aja.blogspot.com/2012/03/makanan-yang-membuat-berhenti-merokok.html

Kategori:Info Menarik
  1. 14 April 2012 pukul 11:37 am

    Makasih infonya gan, lumayan nih bisa buat saran temen ane….

    • 14 April 2012 pukul 11:57 am

      Sama-sama gan..
      smga brmnfaat..🙂

  2. 14 April 2012 pukul 6:06 pm

    wah.. cucok buat saiia nie
    hehe
    pengen berhenti tapi kagak bisa
    biarpun dengan makanan apa atau dengan cara gemana tapi kalo kitanya kagak ada kemauan susah juga ya gan.
    makasi infonya

    • 14 April 2012 pukul 6:24 pm

      Okeh gan sama”..
      smoga mmbantu agan ya..

      sipp dah..🙂

  3. 23 April 2012 pukul 12:50 am

    yang penting tu kemauan dari org tu sendiri, teman dan keluarga yang ikut mensuport, serta yang paling penting adalah lingkungan yang mendukung. Contoh lingkungan yang mendukung adalah tempat umum, ruangan ber – AC, dll.

    Saya dulu juga seorang perokok berat…, sehari saya sering menghabiskan rokok 2 – 3 bungkus ( Dj***m Super atau 234 Magnum Filter ).

    Sudah sekitar 5 bulan saya berhenti merokok. Pada saat awal mulai berhenti, memang terasa ada yang aneh, badan terasa kagak karuan, kepala pusing dan sering bingung, dan yang jelas sering mengantuk. Tapi sekarang saya menikmati hasil’nya…, dari segi material maupun kesehatan.

    Semoga dapat menambah inspirasi. Terima kasih.

  4. 2 Juni 2012 pukul 8:55 pm

    baru tau semua saya gan….

  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: