Beranda > Seputar IT, Tutorial, Wordpress > Cara Membuat Widget Alexa Untuk WordPress/Blog

Cara Membuat Widget Alexa Untuk WordPress/Blog


Nampaknya semakin berkembangnya zaman banyak sekali orang-orang yang menggunakan jasa blog/web, baik itu yang free/gratis (contohnya WordPress dan Blogspot) maupun yang berbayar, hal ini bertujuan dengan guna untuk bisnis, sebagai media belajar maupun hanya sekedar iseng-iseng belaka untuk mengisi waktu luang mereka. Namun beberapa dari orang-orang tersebut banyak sekali yang sering membahas suatu rating blog/web yang mereka miliki, mulai dari PageRank, Sitelink, maupun Terindex oleh Google. Tentunya hal ini tidak luput dari yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Ada yang mencoba mengecek harga blog/web mereka dengan cara online dan adapun yang mengecek rating mereka menggunakan layanan website yang terpercaya seperti Alexa. Nah untuk kali ini saya akan mencoba memberikan langkah-langkah mengenai cara pembuatan Widget Alexa seperti yang tertera pada sidebar blog saya. Cara cukup mudah koq, silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini :

    1. Yang pertama kita lakukan adalah menuju website alexa. Klik disini.!
    2. Setelah itu pilih “Site Tools” pada menu yang terdapat diatas website alexa.
    3. Setelah itu anda akan di hadapkan dengan tampilan baru dan lihatlah bagian bawah web terdapat beberapa pilihan, nah disini kalian pilih “Alexa Site Widgets” untuk langkah awal memulai tutorial ini.
    4. Setelah itu akan muncul beberapa form dan yang anda lakukan adalahmelilih salah satunya karena hal ini untuk memilih widget seperti apa yang kalian inginkan.Berikut ini gambarnya :

      Pilihan Ke-1

      Pilihan Ke-2

      Pilihan Ke-3

    5. Setelah memilih salah satunya maka langkah selanjutnya adalah memasukan URL Blog anda pada form seperti yang tertera di atas (sebagai contoh saya pilih yang no pertama). Setelah di isi kemudian “Build Widget“.
    6. Setelah di Build Widget maka anda akan kembali di hadapkan dengan bermacam-macam pilihan gambar yang di sertai dengan code html-nya, dan pilih salah satunya sebagai Widget yang ingin anda pakai untuk blog anda.
    7. Sebagai contoh saya akan pilih Widget yang ini :

      Pilihanku

    8. Setelah itu untuk memasukannya ke dalam Widgets blog anda yang harus kita lakukan adalah mendapatkan kode html dari widget tersebut, dan caranya adalah :
      Login terlebih dahulu ke akun WordPress anda -> Dashboard
      → Setelah itu memulailah untuk membuat posting/tulisan baru, hal ini guna mendapatkan kode html dari widgets di atas (gambar pada No. 7). *dalam penulisan posting ini format harus dalam bentuk kode Visual
      → Gambarnya tertera seperti di bawah ini :

      Pilih HTML untuk mendapatkan kode html-nya

      → Maka setelah itu kode htmlnya akan muncul seperti berikut :

      Copy kode tersebut terlebih dahulu (CTRL + C)

    9. Setelah mendapatkan kodenya maka selanjutnya yang anda lakukan adalah menuju Tampilan/Appreance ->Kemudian Pilih Widget -> dan paste kode yang telah anda copy tadi di widget Teks/Text -> Simpan -> Setelah itu silahkan cek blog anda.

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagi dalam kesempatan kali ini, semoga tutorial ini bisa bermanfaat (terlebih bagi para pengguna blog baru yang dasarnya masih awam). Silahkan tinggalkan komentar anda mengenai tutorial ini dan silahkan bertanya apabila ada bagian yang kurang jelas.
Terima kasih.🙂

——————————————————————————————————————————————————————-
Baca juga artikel lainnya :

  1. 15 Juni 2012 pukul 9:21 pm

    wah mantabz ni blogs

    • 17 Juni 2012 pukul 11:52 am

      Terima kasih sob, Semoga bermanfaat..🙂

  2. 21 Juni 2012 pukul 4:19 pm

    yang nomer 8 belum maksud boss, udah dicoba ga tembus.maklum baru belajar..jika berkenan mohon balesannya thx

  3. 3 Juli 2012 pukul 10:35 pm

    Blognya cantik dan menarik Mas yudha..bagaimana blog saya bisa indah seperti ini (tampilan icon-icon seperti pada windows kanan,kiri dan bawah) ? thanks..

    • 10 Juli 2012 pukul 11:00 am

      Terima kasih gan, saya juga masih belajar aja nih..
      Iseng-iseng ngoprek wordpress ya jadinya seperti in..🙂

  4. 5 Agustus 2012 pukul 3:43 pm

    mantap! setelah nyoba macem2 cara akhirnya ada yang bisa juga. makasi gan!

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: