Beranda > Education, Hardware, Info IT, Networking, Seputar IT, Tips > Cara Mengamankan Jaringan Wireles dari Hacker

Cara Mengamankan Jaringan Wireles dari Hacker


Alasan utama untuk mengamankan jaringan nirkabel adalah untuk menghentikan seseorang yang tidak memiliki izin untuk menggunakan Jaringan. Lebih sulit untuk mengamankan jaringan nirkabel dari hacker dibandingkan dengan jaringan kabel klasik. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa jaringan nirkabel dapat diakses di mana saja dalam berbagai antena.

Untuk mengamankan jaringan nirkabel dari hacker, kita harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membuat proteksi terhadap masalah keamanan. Jika Anda jaringan nirkabel tidak aman dari hacker, Anda mungkin berakhir tanpa layanan. Konsekuensinya juga mungkin mencakup pemanfaatan jaringan anda untuk serangan jaringan yang lebih lanjut. Untuk mengamankan jaringan nirkabel dari hacker, Anda dapat mengikuti tips untuk mengamankan jaringan nirkabel berikut ini :

Penempatan Antena yang Strategis :
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah posisi jalur akses antena harus di letakkan di tempat yang membatasi jangkauan sinyal agar tidak melangkah lebih jauh dari area yang dibutuhkan. Anda tidak perlu menempatkan antena dekat jendela kaca karena tidak akan dapat menghambat sinyal tersebut. Tempatkan antena di satu lokasi pusat gedung.

Gunakan WEP:
WEP adalah singkatan dari protokol Wireless enkripsi. Ini adalah alat teknik untuk mengenkripsi lalu lintas di jaringan nirkabel. Anda tidak boleh melewatkannya yang akan memungkinkan hacker untuk mendapatkan akses instan lalu lintas melalui jaringan nirkabel anda.

Mengubah SSID, menonaktifkan SSID:
SSID adalah singkatan dari service set identifier. Itu adalah jalur yang digunakan untuk pengakuan oleh titik akses nirkabel agar pelanggan mampu untuk melakukan sambungan. Untuk setiap titik akses nirkabel diatur, pilih eksklusif serta SSID yang unik. Juga, jika itu dicapai, menahan siaran SSID yang di atas antena. Ini muncul dalam daftar jaringan yang ditawarkan, sementara mampu memberikan pelayanan seperti biasa.

Nonaktifkan DHCP :
Dengan cara ini, hacker akan bekerja keras untuk memecahkan parameter TCP/IP, subnet mask serta alamat IP untuk menghack jaringan nirkabel Anda.

Menonaktifkan atau memodifikasi pengaturan SNMP :
Mengubah setting serta pengaturan SNMP untuk pengguna jaringan. Anda juga dapat menonaktifkannya. Jika tidak para hacker akan dapat menggunakan SNMP untuk mendapatkan info yang signifikan tentang jaringan nirkabel Anda.

Memanfaatkan daftar akses :
Untuk keamanan tambahan pada jaringan nirkabel Anda, dan jika jalur akses Anda mendukung fitur ini, gunakan daftar akses. Daftar akses memungkinkan kita menentukan dengan tepat mesin yang diperkenankan untuk lampiran ke salah satu jalur akses. Jalur akses yang termasuk daftar akses dapat menggunakan protokol file transfer sederhana (TFTP) saat ini dan seterusnya dalam rangka untuk men-download daftar diperbaharui untuk menghindari para hacker

  1. subi
    14 April 2012 pukul 12:07 pm

    trima kasih banyak gan** mau sekolah mahal *dng hanya cara ini kami bisa ber+ ILMU*terpaksa cari yg FREE*******************

    • 14 April 2012 pukul 12:09 pm

      Sama-sama gan..
      Kalo ada ilmu yg gratis knp hrus bayar?
      hhee…🙂

  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: