Beranda > Semester 2, Statistik Deskriptif > Apa Hubungan Antara Statistik dan Riset?

Apa Hubungan Antara Statistik dan Riset?


Perlu disebutkan di sini, bahwa statistik tidak hanya berguna untuk keperluan rutin, dan dasar pengambilan keputusan saja, tetapi juga memberikan teori atau metode yang sangat berguna untuk pengembangan ilmu lainnya melalui riset. Aplikasi statistik dalam ilmu lainnya sudah begitu majunya sehingga kadang-kadang memerlukan teknik-teknik yang berlainan untuk pemecahan persoalan yang berbeda. Misalnya, statistik yang diterapkan dalam ilmu ekonomi disebut ekonometrik, dalam biologi disebut biometrik, dalam psikologi disebut psikometrik, dan dalam sosiologi disebut sosiometrik.

Untuk tujuan ini, dalam penerapan metode atau teknik statistik sering dilakukan penyesuaian seperlunya atau harus dikembangkan suatu metode atau teknik yang baru. Statistik juga memberikan metode untuk melakukan peramalan yang sangat berguna sebagai dasar perencanaan dan metode pengujian hipotesis yang sangat berguna sebagai dasar perencanaan dan metoda pengujian hipotesis yang sangat berguna untuk riset dan pengambilan keputusan dalam rangka pemecahan persoalan. Oleh karena itu pada dasarnya suatu riset merupakan kegiatan pengumpulan dan analisis data, maka metode pengumpulan dan analisa data yang dikembangkan oleh para ahli statistik sangat berguna untuk keperluan riset.

Untuk menunjukkan pentingnya statistik bagi riset (penelitian), pada Encylopedia Americana, jilid 25, tahun 1971, yang membahas masalah statistik, terdapat kalimat sebagai berikut: … penggunaan statistik deskriptif secara murni sangat terbatas; statistik analisis umumnya lebih menantang para peneliti, dan sedang berkembang dengan cepat. Lebih jauh lagi, masalah-masalah modern dalampembuatan kebijakandi banyak bidang dan riset ilmiah memerlukan informasi dan prosedur yang diturunkan dari statistik analitis… metode statistik merupakan pranata peralatan dan teknik yang tersedia untuk pengembangan riset, atau kerja operasional dalam ilmu fisika, biologi, dan sosial serta penerapannya. Metode statistik ini memberikan sarana untuk mendapatkan pengetahuan baru dalam bidang masalah substantif dan metode itu sendiri bukan berfungsi sebagai pranata pengetahuan substantif. Karena fungsi ini, metode statistik merupakan bagian dari metode ilmiah yang umum.

source : http://www.ideelok.com/statistik/definisi-statistik/apa-hubungan-statistik-dan-riset

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: