Beranda > Education, Internet, Seputar IT, Tips > Tips Aman Saat Bermain Facebook Versi Yudha Qirana

Tips Aman Saat Bermain Facebook Versi Yudha Qirana


Alhamdulillah akhirnya hiatus saya selesai juga setelah lebih dari 1 bulan meninggalkan blog ini untuk fokus belajar menghadapi UAS. Yang saya rasakan selama hiatus selama 1 bulan untuk tidak membuka blog itu rasanya kangen juga ya, apalagi sudah cukup lama  saya tidak mampir ke blog agan dan meninggalkan komentar disana. Well, nampaknya rasa kangen saya untuk aktif kembali di dunia blogging sudah tidak dapat di terbendung lagi Hehehe… (lebay akh)🙂 .  Oke mungkin langsung saja ya,  kali ini saya mau mencoba memberikan sebuah tips yang berhubungan dengan dunia maya, ya bisa dibilang lebih tepatnya lebih ke jejaring sosial.

Facebook, mungkin jejaring sosial yang satu ini sudah tidak terasa asing lagi ditelinga
kita, jejaring sosial ini menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling sering orang pergunakan di saat melakukan aktivitas secara online, bahkan di sinyalir menjadi salah satu aktivitas rutin bagi para pengguna internet. Mungkin hampir semua orang yang mengerti tentang internet pasti mempunyai account facebook tanpa memandang status ataupun golongan orang tersebut. Tetapi apakah kalian tahu apa tujuan utama kalian menggunakan facebook? Karena banyak sekali orang yang sering kali menyalahgunakan situs jejaring sosial seperti facebook untuk kepentingan pribadi mereka. Berikut ini adalah tips bermain facebook yang aman dan baik versi Yudha Qirana :

1) Pikirkanlah terlebih dahulu hal apa yang ingin anda tambahkan. Menerima sebuah permintaan yang disediakan oleh teman baru dengan ask posting, foto pesan dan informasi latar belakang tentang pribadi diri anda. Perhatikan daftar teman dan pikirkan kembali siapa yang berhak mengakses barang/data pribadi milik anda.

(2) Cobalah cek pengaturan pivasi anda. Facebook baru-baru ini banyak melakukan pembaruan, mengatur privasi dari awal bisa sangat berarti untuk menjaga keamanan. Buatlah suatu privasi yang benar-benar bisa melindungi seluruh data pribadi yang terdapat pada facebook anda.

(3) Alasan anda berada di Facebook. Apakah hanya untuk berbagi foto? Tetap berhubungan atau menjalin komunikasi dengan orang lain? Berbagi sebuah tautan/link dan pembaruan aktivitas anda? Tanyakan terlebih dahulu pada diri anda sendiri apa yang ingin diperoleh dengan profil pribadi anda. Dengan demikian anda akan lebih memangkas informasi pribadi yang akan anda publikasikan.

(4) Cerdas tentang memilih password/kata sandi. Saran saya cobalah untuk tidak menggunakan password yang sama untuk seluruh akun jejaring sosial yang anda miliki. Pikirkan terlebih dahulu tipe pertanyaan keamanan yang akan anda pasang dan dimana anda akan mengirim pembaruan tersebut.

(5) Waspada dalam penggunaan komputer. Ketika anda masuk kedalam suatu akun facebook dari komputer yang berbeda-beda, cobalah untuk periksa bahwa komputer yang anda gunakan tidak menyimpan alamat email ataupun password.

(6) Hati-hati dengan apa yang dikatakan/posting. Sekali pembaruan status dan komentar diposting, setiap orang dapat melihat, menduplikasi dan memposting kembali dimanapun dan kapanpun. Apakah anda ingin orang lain tahu bahwa apa saja yang anda lakukan?

(7) Perhatikanlah serangan phising . Banyak usaha yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan mempunyai niat buruk untuk memperoleh log-in pengguna dan password dengan cara mereka menipu pengguna dengan email Facebook palsu. Ingat, jangan pernah anda coba untuk mengidahkan link email yang meminta untuk me-reset password. Jika perlu untuk me-reset lebih baik yang anda lakukan langsung saja ke halaman Facebook yang sudah disediakan.

(8) Apabila teman-teman mulai menerima spam atau pembaruan status yang muncul tetapi tidak dibuat oleh pengguna sendiri maka akun tersebut kemungkinan tersusupi. Segeralah anda lakukan perubahan/mengganti password dengan yang baru. Jika tidak bisa masuk ke akun pribadi, segera pergi ke link help dibagian bawah facebook dan klik security untuk memberitahu Facebook bahwa ada masalah pada Facebook yang anda miliki.

(9) Lindungi perangkat mobile. Seiring berjalan waktu banyak sekali ponsel yang memiliki akses langsung ke situs jejaring social, salah satunya adalah Facebook. Waspadalah terhadap siapapun yang mengakses ponsel yang anda miliki dan pastikan akun yang anda miliki sudah di log-out/dalam keadaan tidak aktif (offline).

(10) Sering-sering memonitor aktivitas yang mencurigakan. Awasi sebuah aktivitas mencurigakan yang ada di dinding anda, jejak berita dan kotak masuk facebook. Jangan pernah anda mencoba mengklik link mencurigakan meskipun itu membuat diri anda penasaran. Coba tinjau lebih dekat, jika link yang dimaksud tidak otentik. Jangan pernah mengkliknya karena demi menjaga privasi Facebook anda.

(11) Usahakan email Facebook anda selalu aktif. Mungkin banyak dari anda yang sering kali menganggap bahwa email yang kita gunakan pada facebook itu sudah tidak penting lagi, namun di sisi lain ternyata email tersebut sangatlah penting. Mengapa saya katakan penting? Hal itu di karenakan apabila pada saat facebook kita di pakai oleh orang yang tak kita kenal dan kemudian  ia mengganti password facebook anda  maka  yang anda lakukan adalah cukup menggunakan fitur/bantuan yang di sediakan oleh facebook yaitu “Forgot Password” dan pada form yang tersedia cobalah masukkan email yang anda pakai pada facebook anda sehingga dengan mudah anda dapat mengatur ulang kata sandi Facebook anda. *1 catatan usahakan email tersebut selalu aktif dan anda selalu mengingatnya. Tips saya gunakanlah lebih dari 1 email untuk facebook anda.

(12) Jangan pernah mengklik suatu link yang di berikan oleh orang yang tidak anda kenal. Dahulu saya pernah mengalami hal seperti ini, tepatnya pada saat itu saya sedang asyik-asyiknya bermain game online di Facebook (Poker), lalu ada seorang perempuan yang mengajak saya chat dan menyuruh saya membuka suatu link yang ia berikan. Pada saat itu dengan rasa penasaran sayapun mencoba untuk melihat apa yang ada di link tersebut, secara sekilas setelah saya membuka link tersebut muncul sebuah tampilan web yang tampilannya hampir sama sekali dengan facebook dan pada saat itu sayapun mencoba untuk login pada web tersebut dan tidak lama kemudian password Facebook saya pun ada yang mengganti. *peristiwa ini terjadi pada saat saya masih baru-baru mengenal apa itu yang namanya internet.

Sekian tips ini saya buat, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan saya meminta maaf apabila adanya kekurangan pada tips yang saya buat ini. Bagi yang mempunyai tips lain silahkan berkomentar.🙂

Silahkan mencoba dan semoga bermafaat.🙂

Bagi yang sudah mampir jangan lupa untuk meniinggalkan komentar terbaik anda untuk menjalin silaturahmi dan persahabatan. Saya tunggu ya partisipasinya..🙂

Berbagi ilmu adalah sebuah solusi.!

Salam persahabatan & like this yoo.🙂

——————————————————————————————————————————————————————-

Baca juga artikel lainnya :

  1. sandra
    3 November 2012 pukul 4:31 pm

    kerennn bgt ,,,, bisa ksih tau tips bikin bog keren kya gini…

  2. 18 November 2012 pukul 5:56 am

    Aku dah mampir disni,.🙂

  3. 12 Desember 2012 pukul 10:36 am

    di tunggu artikel-artikel berikutnya

    • 19 Februari 2013 pukul 12:39 am

      Oke, terima kasih atas supportnya🙂

  4. 14 Desember 2012 pukul 8:18 pm

    heeh bahayamengklik ling yang situsnya tidak jelas , seperti tulisan yang huruvnya acak kadut

    • 19 Februari 2013 pukul 12:41 am

      Ya mungkin itu salah satu’a🙂

  5. 7 Januari 2013 pukul 8:50 pm

    Bagus tipsnya Gan ….

    Kujungan balik Ya Gan ke blog Ane …😀

    • 19 Februari 2013 pukul 12:48 am

      Thanks gan🙂
      Oke ane segera meluncur..🙂

  6. atma
    27 Januari 2013 pukul 9:14 pm

    keren gan,,,,,,info dN BLOG NYA…pke templet apa yg gan lo boleh tau….hehehehhe

    • 19 Februari 2013 pukul 12:58 am

      Hanya template bawaan dari WP tetapi saya berikan sedikit modifikasi🙂

Comment pages
1 3 4 5
  1. No trackbacks yet.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar terbaik anda mengenai artikel ini karena 1 komentar anda sangatlah berpengaruh untuk berkembangnya blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: